Minggu, 03 Mei 2015

Upacara Ngunduh Mantu

By Rias Pengantin   Posted at  04.15   Upacara Ngunduh Mantu No comments

Upacara Ngunduh Mantu - Setelah penyelenggaraan upacara pernikahan di rumah mempelai wanita, dalam adat Jawa juga terdapat upacara Ngunduh Temanten atau Ngunduh Mantu. Upacara Ngunduh Mantu ini dilakukan oleh orang tua mempelai pria di rumahnya dengan mendatangkan kedua pengantin dan keluarga mempelai wanita, biasanya acara ini dilangsungkan setelah lima hari sejak digelarnya upacara perkawinan.

Upacara Ngunduh Mantu



Kata Ngunduh Mantu secara harfiah memiliki arti memetik/mengambil menantu. Prosesi ini dilakukan dengan cara mengundang orang tua mempelai wanita untuk melakukan upacara penyerahan anak perempuannya kepada pihak keluarga mempelai pria.

Dalam adat Jawa yang masih kental dengan hukum patriarki, para perempuan yang telah menikah maka ia biasanya akan diboyong oleh pengantin pria dan kemudian bertempat tinggal di kediaman pengantin pria/suami. Dalam hal ini seorang suami mempunyai peranan penting sebagai pelindung, pengayom, sekaligus memberi nafkah bagi istri dan anak-anaknya kelak.

Meski upacara Ngunduh Mantu ini bukan kewajiban, namun hingga kini beberapa orang tua pengantin pria masih banyak yang melakukannya. Upacara adat ini diselenggarakan sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilannya dalam mendapatkan menantu yang sesuai dengan harapan. (Ngunduh Mantu)

About the Author

Ibu Hajjah Suhartiningsih. Perias Pengantin Berpengalaman lebih 15 Tahun. Hubungi 0821-1397-7536 untuk tentang mengenai Rias Pengantin, Upacara Adat dan Sarana Pesta.
View all posts by: Rias Pengantin Bogor

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

Hubungi Kami

Ibu Hj. Suhartiningsih

Terra Griya B-9
Jalan Raya Semplak, Bogor

Hp : 0821-1397-7536
WA : 0818-0747-0055

Email : rias.pengantin.bogor@gmail.com

Total Tayangan Halaman

Lokasi Kami

© 2013 Ngunduh Mantu. Distributed By Blogger Themes | WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.